Saturday, July 14, 2012

BENEFITS OF BANANA

foto: stylisheve.com
Seringkali anda melihat atlet atau olahragawan gemar mengkonsumsi minuman berenergi untuk meningkatkan stamina mereka. Meskipun tak sedikit pula orang yang tahu bahwa minuman energi berdampak buruk pada kesehatan bila dikonsumsi terus menerus karena mengandung kadar gula yang tinggi dan akibatnya bisa memperburuk organ ginjal dan jantung anda. Bagaimana jadinya jika seorang atlet atau olahragawan profesional malah menjadi orang yang penyakitan gara-gara kebanyakan mengkonsumsi minuman energi? Untuk itu, cobalah mengkonsumsi sesuatu yang bersifat alami contohnya seperti pisang yang dapat memulihkan stamina anda.

Kandungan dalam buah pisang cukup banyak, diantaranya yaitu kalium yang dapat mengobati tekanan darah tinggi, kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang dan berguna juga untuk meningkatkan konsentrasi. Buah pisang juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit, kelebihan asam lambung, dan sebagainya. Vitamin A, C, B6, dan B12 yang terdapat pada buah pisang juga berguna untuk menghilangkan efek racun dalam tubuh akibat merokok.

Dari penelitian yang didapat baru-baru ini, pisang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi olahragawan karena kaya akan kalium dan nutrisi. Karena hal itu pula buah ini menjadi makanan favorit bagi pelari dan pengendara sepeda sebab buah ini mampu menambah stamina lebih dari cukup daripada kita mengonsumsi minuman energi.

Beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa pisang memiliki asupan energi yang sama dengan minuman berkarbohidrat. Ditambah lagi pisang mengandung gula alami daripada minuman berenergi yang mengandung gula buatan seperti fenylalanin yang justru malah merugikan bagi kesehatan. Jika antioksidan tidak ditemukan dalam minuman berenergi, beda halnya dengan buah pisang. Pisang kaya akan antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga nutrisi yang terdapat pada buah pisang lebih besar daripada minuman berenergi.

Minuman berenergi pada umumnya mengandung air, elektrolit, natrium, kalium, dan gula. Memang minuman seperti ini dapat menghilangkan dehidrasi dan dapat menambah stamina dalam waktu yang cukup lama. Tapi, karena tingginya kandungan asam dan gula pada minuman ini dapat membahayakan tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko diabetes,kerusakan gigi, serta dapat menimbulkan ketergantungan pada minuman tersebut.

Meski minuman energi dapat dikonsumsi secara instan tetapi tanpa kita sadari, secara instan pula tubuh kita semakin rusak. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita mengonsumsi minuman atau makanan meski mungkin cukup merepotkan karena pada umumnya segala sesuatu yang bersifat alami itu lebih baik daripada yang bersifat buatan.

Nah, setelah kita mengetahui berbagai kandungan dan manfaat dari buah pisang, kita dapat memulai gaya hidup baru dengan tidak bergantung pada minuman energi yang merugikan kesehatan. Tidak hanya pisang saja, masih banyak buah-buahan dan sayuran lain yang kaya akan manfaat.

No comments:

Post a Comment